Monday, December 30, 2013

Peach Roses Cake






Cake ini dibuat dalam rangka merayakan hari ulang tahun Dharma Wanita Persatuan yang ke 14 pada tanggal 9 Desember 2013 lalu. Sebenarnya tanggal 7 Desember, tetapi karena tanggal 7 jatuh di hari Sabtu maka perayaannya diadakan pada hari Seninnya. Untuk desain cake sepenuhnya diserahkan kepadaku. Yang penting warnanya peach sesuai dengan warna seragam Dharma Wanita Persatuan. Begitu juga dengan cake-nya.





Awalnya aku pengen buat ombre cake dengan degradasi warna peach. Lalu aku coba buat dengan resep rainbow-nya mba Besta Arlita. Entah kenapa kok bantet, memang aku gak pake emuslifier karena di sini gak ada. Tapi begitu adonan selesai langsung masuk oven gak pake ngantri. Sebelumnya sponge cake lain walaupun tanpa emulsifier ga pernah ada masalah. Akhirnya coba resep ombre cake NCC. Huhuhu bantat lagiiiii...tenaga mulai berkurang, waktu makin menipis dan nyaris putus asa. Akhirnya aku bikin lagi dengan resep NCC tapi tanpa aku warnai. Alhamdulillaah akhirnya berhasil. Sepertinya masalahnya karena adanya pewarnaan maka harus ada emulsifier agar adonan lebih stabil. Untuk filling dan mengcover cake sebelum ditutup dengan fondant, aku menggunakan white chocolate ganache dengan perbandingan whip cream dan white chocolate 1:3.



 



Untung aja mawar-mawar fondant sudah aku siapkan dari beberapa hari sebelumnya. Jadi selesai menutup cake dengan fondant tinggal tempel-tempel aja. Lalu membuat border dan kelopak-kelopak mawar untuk disebar pada cakenya. Sedang untuk tulisan aku buat dengan royal icing. Alhamdulillah walaupun penuh perjuangan, akhirnya cake ini bisa selesai pada waktunya :)

No comments:

Post a Comment