Thursday, January 2, 2014

Lapis Beras

 
 
 


 
Selamat tahun baru 2014. Mudah-mudahan di tahun 2014 ini kita semua dapat mencapai semua cita-cita dan mimpi kita yaaa....Aamiin YRA. Nah di awal tahun baru ini yang pertama aku tulis adalah lapis beras. Kebetulan tanggal 1 Januari ada acara makan siang dengan membawa potluck di Wisma Duta sebelum Duta Besar kembali ke Indonesia. Selain bawa soun goreng dengan isi ayam dan jamur hioko (yang ternyata adalah Capjae versi Korea, hanya saja versi Korea jenis sounnya lebih besar) aku kepengen bawa tambahan kue. Akhirnya pilihan jatuh ke kue lapis beras ini karena setelah dilihat resepnya ko ternyata gak susah bikinnya, hanya perlu ketelatenan aja nungguin masing-masing lapisannya matang. Kebetulan semua bahannya ada semua di dapur. Akhirnya jadilah bermalam tahun baru bikin kue lapis beras, karena memang kita hampir dibilang gak pernah ke luar rumah di malam tahun baru. Malah sering sebelum jam 12 malem malah sudah lelap tidur :)
 
 



  
Untuk lapis beras ini yang aku pakai adalah resep lapis berasnya bu Fatmah Bahalwan, hanya saja pemakaian gulanya aku kurangi dari 300gr menjadi 200gr.  Berikut resepnya:
 
Bahan:
100gr tepung sagu -> berhubung di sini gak ada sagu jadi aku pake tapioka
275gr tepung beras
300gr gula pasir-> aku pake 200gr
1sdt garam
1.5lt santan (kalau pakai santan instan, perbandingan santan dan air 1:1)
3lbr daun pandan
6lbr daun jeruk purut
pewarna hijau secukupnya
pewarna merah secukupnya
 
Cara membuat:
1. Masak santan, daun jeruk dan pandan sambil diaduk-aduk sampai mendidih, angkat, sisihkan.
2. Taruh di wadah, tepung beras, tepung sagu, garam dan gula pasir, aduk rata, tuangi santan sedikit demi sedikit sampai santan habis sambil diuleni hingga menjadi adonan yang encer.
3. Bagi menjadi 3. 1 bagian diberi warna merah, 1 bagian diberi warna hijau dan 1 bagian lagi dibiarkan warna putih,
4. Siapkan loyang 18x18x8cm, poles minyak sayur tipis, bagian bawah dialasi plastik.
5.Beri 100ml adonan putih, kukus 10menit, tuang 100ml adonan hijau, kukus 10 menit, tuang 100ml adonan merah, kukus 10 menit.
6. Ulangi terus sampai adonan habis, terakhir kukus selama 20 menit.
7. Dinginkan, keluarkan dari loyang danpotong-potong dengan menggunakan pisau yang sudah dilapisi dengan plastik.
 

 


 
Warna yang aku dapatkan di sini agak pucat, karena aku menggunakan pewarna yang dijual di supermarket lokal sudah cukup lumayan banyak tapi kok warnanya tetap pucat. Daripada kebanyakan pewarna malah jadi penyakit mendingan dibiarin seadanya aja.
 
Gimana? gampang kan bikinnya? Kue lapis beras ini juga sempet tertunda lama banget untuk dibikin. Ternyata ga seribet yang dibayangkan. Malah jauh lebih gampang dari yang aku bayangin selama ini. Sooo...tunggu apalagi? Langsung meluncur ke dapur yaaaa....:)
 

No comments:

Post a Comment