Sunday, November 4, 2012

Step by Step Cupcakes Bouquette


Ada beberapa temen yang tanya gimana step by step bikin cupcakes bouquette ini, jadi aku coba bikin step by step beserta fotonya. Bikinnya ga susah ko...Yuk dilihat langkah-langkahnya...



1. Siapkan pot plastik. Bentuk melingkari pot dan lubangi sesuai ukuran bagian bawah pot. Masukkan pot ke dalam lubang yang sudah diberi lem tembak. Pastikan permukaan dasar pot sedikit melebihi styrofoam sekitar1-2mm. 


2. Masukkan batu kecil/apapun untuk pemberat ke dalam plastik, rekatkan ke dasar pot dengan lem tembak. Tusukkan minimal 4 tusuk gigi ke plastik berisi batu lalu rekatkan sponge bunga kering (jangan bunga segar ya, terlalu rapuh) yang sudah dibungkus dengan kertas krep/minyak berwarna hijau. Pasang tusuk gigi masing-masing 2 buah untuk setiap cupcakenya. Setelah cupcakes terpasang semua, tusukkan masing-masing 2 tusuk gigi di bawah seluruh cupcakes yang berada di sisi terluar untuk membantu menahan beban cupcake sehingga tidak melorot ke bawah.


REVISI:
Niat mau revisi step no 2 sejak lama ga jadi-jadi. Mumpung rada longgar aku coba tulis sekarang deh. Di foto tampak warna putih di atas sponge bunga warna hijau, itu adalah fondant untuk membantu merekatkan cupcakes dengan sponge bunga kering.  Setelah beberapa kali dicoba tanpa memakai fondantpun sudah aman, selama di bagian bawah semua cupcakes bagian terluar diberikan 2 tusuk gigi sebagai penahan beban. Kalo masih ragu,bisa ditambahkan lem tembak ataupun lem F*x. Tapi ingat harus dipastikan jangan sampai terkena tusuk giginya sehingga mencemari cupcakesnya.

 


3. Ambil kertas minyak 2 warna, letakkan pot untuk mengukur bagian yang digunting. Gunting kurang lebih 2cm lebih kecil. Beli lem pada pinggir yang sudah digunting lalu letakkan pot bunga.



4. Rekatkan 4 sisi kertas pertama. Lalu letakkan di atas kertas berikutnya dengan memutar posisi pot 90 derajat. Rekatkan. Ikat dengan pita.


5. Tusukkan cupcakes ke sponge, lalu tusukkan satu cupcakes dengan tusuk gigi menembus cupcakes di sebelahnya supaya saling mengikat.  


6. Rekatkan dasar pot dengan lem styrofoam ke alas kue yang sudah didekor. Dekor cupcakes dengan butter cream bentuk rosette atau bunga lain.


7. Bouquette siap didelivery :)

No comments:

Post a Comment