Thursday, November 8, 2012

Rainbow Cake for Hanna

Rainbow Cake

Rainbow cake dengan cheese frosting ini order perdana dari temenku, Yuli untuk dihadiahin ke ponakannya Hanna. Katanya sekalian nyobain karena insyaallah bulan depan mau ngerayain ulang tahun anaknya di TK.

Rainbow Cake
Untuk rainbow cake ini resep andalan yang aku pake adalah resep mb Besta Arlita yang beredar di milis NCC. Mudah-mudahan berkah deh buat mb Lita, sharingnya bermanfaat untuk banyak orang.

Rainbow Cake
Kalo yang pengen coba bikin, ini resep aslinya:

Bahan:
210 gr gula halus -> aku pake gula pasir biasa diblender, kadang dikurangi sekitar 20gr
7 kuning telur + 7 telur utuh
1 sdm SP
210 gr terigu
15 gr susu bubuk -> aku pake larome vanila susu
210 gr margarin -> aku pake minyak sayur 50% dan butter 50% cairkan

Cara membuat:
1. Kocok gula, telur dan SP hingga kental.
2. Masukkan terigu dan susu bubuk.
3. Masukkan margarin cair, aduk balik.
4.Timbang adonan kurang lebih 190gr-200gr, beri warna, tuang ke loyang 22x22x4cm.
5. Panggang dengan suhu 1560-160C kurang lebih 15 menit hingga matang.

Pelengkap:
Butter Cream/Cream Cheese frosting, strawberry, melon, jeruk.

Resep Butter Cream (bisa untuk 2 cake)

Bahan:
500gr mentega putih
250gr white cooking Chocolate dicairkan
1 kaleng SKM

Cara membuat:
1. Kocok mentega putih sampai fluffy.
2. Campurkan white chocolate cair dan SKM aduk rata.
3. Jika kurang manis, tambahkan gula halus.

Resep Cream Cheese Frosting

Bahan:
250gr Cream cheese, kocok sampai fluffy.
100gr Butter
120 gr gula halus
1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat:
1. Kocok butter hingga pucat.
2. Masukkan cream cheese yang sudah dikocok,gula halus dan air jeruk nipis.
3. Takaran gula dapat ditambah/dikurangi.

Pada saat menyusun kue, tiap layer aku beri simple syrup. Bisa dibuat sendiri dengan merebus air dan gula dengan perbandingan 1:1. Atau kalo ga sempet bikin juga bisa beli di supermarket. 

Sesuai permintaan selain rasa vanilla, ada juga yang minta dibuatkan rasa lemon supaya lebih segar. Untuk yang lemony ini pemakaian larome vanila susu aku kurangi 50% dan diganti dengan susu bubuk. Lalu tambahkan pasta/essence lemon pada adonan secukupnya. Lalu simple syrupnya dicampur dengan air jeruk nipis/lemon. Kadar asam dan kandungan air jeruk nipis/lemon berbeda-beda satu jeruk dengan yang lainnya (menurutku ya...), karena itu daripada menakar aku lebih suka mencicipi sendiri apakah sudah cukup rasa asam pada simple syrupnya.

Untuk cheese frosting pada rainbow cake ini, aku pakai cream cheese frostingnya Red Velvet Cake Joy of Baking, untuk resepnya bisa liat di sini.

Kalau dengan butter cream, resep yang biasa aku pake adalah:

Bahan:
1kg mentega putih 
1 kaleng susu kental manis
Larome Vanila Susu sesuai selera, untuk 1 kg mentega putih ini aku pake lumayan banyak.
200gr soft cream

Cara membuat:
1. Kocok mentega putih sampai dirasa tidak nempel lagi di lidah.
2. Masukkan susu kental manis dan larome vanila susu, kocok sampai rata.
3. Masukkan soft cream, kocok sebentar saja asal rata. Kalo kelamaan butter cream menjadi tidak kokoh dan susah untuk dispuit.

Untuk rainbow cake dengan butter cream biasanya aku kasih parutan keju supaya rasa tetap cheesy, atau bisa juga butter creamnya dicampur dengan cheese spread sampai mendapatkan rasa yang diinginkan. 





No comments:

Post a Comment