Monday, June 24, 2013

Fondant Crown Tutorial

Sudah lama ga posting di blog nih. Kali ini saya coba-coba bikin tutorial untuk membuat mahkota dari fondant. Mudah-mudahan bisa dipahami ya...Yuk langsung aja dimulai.




1. Buat pola dari kertas sesuai ukuran yang diinginkan.

2. Letakkan di atas fondant yang sudah diwarnai. Bisa dicampur dengan CMC terlebih dulu supaya lebih cepat keras dan untuk antisipasi cuaca yang lembab.

3. Potong fondant sesuai pola. Pakai cutter yang tajam yaaah....

4. Kalau mau bermotif, sebelum dipotong sudah dicetak yah. Lalu tinggal bikin motif  bolong-bolong aneka bentuk dengan fondant cutter atau cookie cutter sesuai kreasi masing-masing.




5. Siapkan kaleng atau apapun yang berbentuk sama. Lapisi dengan mica supaya mahkota lebih mudah dilepas. 

6. Letakkan fondant yang sudah di pola seperti di gambar. Diamkan 2 atua 3 hari (Tergantung kelembaban di rumah masing-masing).




7. Lepaskan mahkota yang sudah terbentuk dan letakkan di atas styrofoam. Tusukkan beberapa tusuk gigi di belakangnya. Tusuk gigi di sini selain berfungsi untuk memperkuat posisi mahkota di atas cake tetapi juga untuk menjadi penyangga dari mahkota agar tidak mudah patah.

8. Siapkan fondant sepanjang lingkar mahkota.

9. Siapkan fondant untuk menutup tusuk gigi.

10.Tempelkan fondant dengan glue gum sepanjang mahkota di sisi belakang agar tusuk gigi tampak rapih dari belakang. Tutup juga sisi tusuk gigi yang masih terlihat dengan potongan fondant kecil.





11. Mahkota siap dihias sesuka hati. Setelah kering benar, siap diletakan di atas cake. Untuk mengurangi resiko  aplikasi di bawah melingkari mahkota rusak pada saat dilepas dari styrofoam, bisa dipasang setelah diletakkan cake.





Naaah ini dia cakenya setelah mahkota dipasang. Cantik kaaan? :) Kalau ada masukan bahkan koreksi, dengan senang hati saya tunggu lho....Selamat mencoba dan sukses untuk semua!!!

No comments:

Post a Comment