Wednesday, June 5, 2013

Espresso Brownies








  


Kemarin pagi, bangun tidur kok ternyata pas liat meja makan pas banget lagi kehabisan roti. Nunggu yang lewat, si abang tak kunjung datang. Kalo bikin roti dah pasti waktu ga akan cukup. Hhhmmm kesempatan trial resep baru nih. Tadinya pengen coba bikin Baklava, ngiler gara-gara liat Rude Boy Food. Tapi ternyata ga bisa pake pastry sheet, tapi harus dengan filo pastry dan aku ga punya. Cek resep di Blackberry akhirnya nemu resep Espresso Brownies pernah dishare oleh ci Jenny Tjahja di milis.

Langsung cek bahan-bahan, tinggal telur aja yang ga ada. Sambil ngoles loyang dan nyiapin bahan-bahan lain minta tolong si mba ke warung sebentar untuk beli telur. Si mba dateng langsung eksekusi si Espresso Brownies ini.
 




Resepnya:

Bahan:

150gr Dark Cooking Chocolate
150gr mentega tawar-> karena ga pernah stok yang tawar jadi aku pake yang salt
93gr terigu
47gr cocoa powder
5sdt espresso instant-> aku cuma pake kopi instant biasa
1/2sdt garam
4btr telur
380gr gula -> di sini ci Jenny pake 270gr gula, aku pake 250gr
1 sdt vanila extract
67gr sour cream-> karena pas ga ada aku bikin buttermilk dari susu cokelat, lagi ga punya susu putih juga :)
200gr kacang mede panggang dan cincang-> aku pake almond


Cara membuat:

1. Lelehkan mentega dan cokelat dengan api kecil, sisihkan sampai dingin.
2. Aduk rata terigu, cokelat bubuk,kopi instant dan garam, sisihkan.
3. Aduk gula, telur, vanila dan sour cream sampai tercampur rata.
4. Tambahkan cokelat leleh yang sudah dingin, aduk rata.
5. Masukkan terigu, kacang mede lalu aduk rata.
6. Tuang ke dalam loyang 22x22x4 yang sudah diolesi margarine dan dilapisi kertas roti.
7. Panggang kurang lebih 30-40 menit sampai matang. Aku pakai temperatur 180C.

Espresso brownies ini bisa disajikan dengan taburan gula halus atau dengan es krim vanila. Rasa brownies ini buatku yang pencinta cokelat termasuk enak dan dengan takaran gula 250gr menurutku dah pas banget di lidah. Tapi kalo untuk pecinta kopi, kalo ga pake espresso instant sepertinya harus ditambahkan takaran kopinya karena nyaris tidak terasa aroma kopinya. Overall...yummy n myokelat kok brownies ini. Worth to try ;)

No comments:

Post a Comment