Wednesday, November 13, 2013

Puding Tape Ketan Hijau






Pudding tape ketan hijau ini salah satu pudding yang aku buat untuk acara Idul Adha Di KBRI. Selain pudding tape, aku juga membuat Oreo Cookies Pudding dan Strawberry Pudding. Awalnya bingung juga karena belum pernah buat tape ketan hijau dan ga bawa ragi tape dari Indonesia. Tapi untung aja salah satu teman, bu Lisa punya tape ketan hijau di rumah dan berbaik hati memberikan sebagian untuk aku buat pudding ini. Karena pudding ini adalah request dari ibu Duta Besar. So kami harus mengusahakan supaya tetap muncul pada hari raya Idul Adha yang lalu.

Resep untuk pudding tape ketan hijau ini adalah resep dari Keluarga Cinta yang ternyata memang enak. Lebih gurih dan wangi dibandingkan pudding tape ketan hijau pada umumnya. Demikian resepnya.

Bahan:

2bks agar putih
250gr gula pasir (aku hanya pakai 150gr)
750ml santan kental
1100ml air
5sdm pasta pandan
250gr tape ketan hijau, tiriskan airnya. (Kalau untuk di cup, bagi 2, satu untuk bagian dasar satu lagi untuk hiasan)
1/2sdt garam

Cara membuat:

1.Campur agar-agar, santan, gula dan air. Masak terus dengan api kecil sambil diaduk sampai air mendidih.
2. Ambil 5sdm larutan agar-agar lalu campurkan dengan 1 bagian ketan, taruh di dasar cup/loyang sampai agak beku (Karena aku bikin di loyang besar jadi aku ambil 2sdm untuk semua ketan).
3. Bagi sisa agar-agar mejadi 2 bagian.
4. Beri 5sdm pasta 1 bagian agar-agar.
5. Setelah pudding hangat, tuang pelan-pelan agar-agar warna hijau dan putih berselang seling (Aku warna hijau dulu dan aku tunggu sampai setengah mengeras baru masukkan yang warna putih).
6. Hias bagian atasnya dengan tape ketan hijau.

Karena diminta pakai vla, jadi aku buat vla dengan rasa vanila yang biasa aku buat dengan resepku sendiri seperti biasa. Bahan dan cara membuatnya bisa lihat di sini ya.  Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment