Tuesday, November 26, 2013

Sosis Solo, Arem-arem dan Kue Ku









Setelah 150 kue talam pandan untuk acara konser Ananda Sukarlan pada tanggal 10 November lalu, dilanjutkan dengan birthday cake untuk pak Theo di tanggal 11 November masih adalagi 3 macam kue basah untuk Bimbingan Teknis oleh KPU untuk Panitia Pemilu Luar Negeri yang dihadiri oleh PPLN KBRI Madrid dan juga dari beberapa perwakilan RI di sekitar Madrid antara lain Ankara dan Roma. Sebenarnya diminta untuk tanggal 11 November siangnya. Tapi berhubung waktu tidak memungkinkan akhirnya digeser menjadi tanggal 12 November yang lalu.






Untuk acara Bimtek ini yang aku buat yaitu 2 jenis kue asin dan 1 jenis kue manis sesuai permintaan panitia. Macamnya terserah bakulnya karena permintaannya juga super mendadak. Akhirnya yang kupilih adalah soisi solo, kue ku dan arem-arem.









Untuk kue-kue tradisional dan beberapa masakan sehari-hari baik masakan Indonesia maupun internasional aku banyak cocok dengan resep-resep dari Keluarga Nugraha Australia. Kalo nurut plek seperti resep di situ insyaallah pasti hasilnya enak. Ke tiga macam kue ini resep-resepnyapun aku ambil dari situ. Sudah cocok sejak beberapa tahun yang lalu jadi gak pernah cari-cari resep lagi.






Selesai mengantar cake untuk pakTheo ke kantor ybs, sampai rumah langsung lanjut membuat ke tiga macam kue ini keesokan harinya jam 10.30 sudah harus diterima di KBRI. Yang pertama aku buat adalah isi sosis solo, sementara ART membantu membuatkan dadarnya setelah aku buatkan adonannya. Sosis solo akhirnya bisa selesai sekita jam 4 sore.  






Selesai sosis solo, aku langsung membuat isi untuk kue ku dilanjutkan dengan membuat isi dari arem-arem sambil mengaron beras dengan santan. Isi dan beras selesai, lalu mulai membungkus. Aku yang mengisi, sedangkan ARTku yang membungkus arem-arem. Entah kenapa kalo bungkus-membungkusdengan daun ini aku paling gak bisa. Untung aja ARTku ini memang telaten dan seneng kalo diajak segala sesuatu yang berhubungan dengan masak-memasak.









Selesai arem-arem akhirnya bisa istirahat. Kue ku akan dibuat keesokan harinya pagi-pagi sekali supaya ga keras pada saat dimakan nanti. Kurang lebih jam 6 pagi mulai membuat adonan. Selesai adonan, langsung mengisi, mencetak dan mengukus kue kunya. Sebenernya sih pengennya bikin kue ku yang merah seperti pada umumnya.Tapi pewarna merah yang aku beli hanya bisa menghasilkan warna pink saja. Entah karena itu oil based atau memang begitu ga ngerti juga :D 

Kue ku selesai, langsung membereskan semua kue untuk dibawa ke KBRI. Alhamdulillah bisa selesai dan sampaidi lokasi tepat pada waktunya.

No comments:

Post a Comment