Tuesday, November 20, 2012

Bahan-bahan Olesan untuk Roti

www.slammysworld.blogspot.com

Masih dalam kehebohan NCCBW, di milis NCC muncul satu email dari mb Daniar "Dapur Daniar"yang amat sangat berguna terutama untuk orang-orang seperti aku yang masih baru banget bergaul sama roti. Email mba Daniar ini mengenai macam-macam bahan olesan dalam pembuatan roti serta bagaimana hasil akhir yang ditimbulkan dari olesan bahan tersebut. 

Berikut bahan-bahan olesan yang biasa digunakan dalam pembuatan roti:

1. Kuning telur dan air
    Campurkan 1 kuning telur dengan 1 sdm air dingin dan sapukan di atas adonan roti yang siap dibakar. Dengan mencampurkan air ke dalam kuning telur, ketika dibakar sapuan yang dihasilkan akan merata dan tidak bergaris-garis. Biasanya dipraktekkan dalam pembuatan French Bread.

2. Putih telur dan air
    Campurkan 1 putih telur dengan 1 sdm air dingin, akan menghasilkan kulit roti yang pucat dan lembut. Biasanya diterapkan dalampembuatan Rye Bread.

3. Mentega cair
   Bisa disapukan sebelum dan sesudah baking. Ini untuk menghasil lapisan kulit lebih gelap tetapi roti tetap lembut.

4. Olive Oil
    Biasanya disapukan pada roti-roti jenis Flat Bread khas Mediterania atau pada roti Foccacia atau adonan Pizza. Ini dimaksudkan agar saat roti dikeluarkan dari oven, roti akan terlihat berkilau lembut.

5. Air garam
    Untuk mendapatkan kulit yang renyah, campurkan 3 sdt garam + 1 sdt gula + 3 sdm air. Sapukan di atas adonan roti yang sudah mengembang sesaat sebelum dioven. 

6. Susu cair
    Selain untuk menghasilkan kulit roti yang lebih lembut bisa juga digunakan untuk merekatkan topping seperti biji-bijian (poppy seed, wijen,dll). 

7. Susu dan gula
    Dengan melarutkan 2 sdm castor sugar + 4 sdm susu, kemudian dipanaskan selama 1 menit. Oleskan di atas soft bread, maka roti yang dihasilkan akan menjadi lebih mengkilap.

8. Madu/Golden Syrup
    Hangatkan sebentar madu/golden syrup dengan microwave atau dalam magic jar. Lalu oleskan pada roti, maka roti yang sudah dibakar akan menjadi sticky dan glossy.

9. Glace Icing
    Campurkan 125gr icing sugar + 4-5 sdt lemon atau orange juice atau air. Maka roti yang dihasilkan akan memiliki lapisan tipis. Atau bisa juga dilakukan dengan cara mencoretkan icing dengan bantuan sendok di atas roti saat panas atau dingin. Biasanya ini dilakukan untuk Cinnamon Roll.

Selain hal-hal tersebut ada juga beberapa tambahan dari mba Widya "Widya Cakes", yaitu kuning telur dan whipcream. Dengan menyapukan 1 kuning telur dan 1 sdm whipcream akan memberikan efek golden brown di permukaan roti. Tekstur bagian atas roti tetap empuk, walaupun terlihat keras karena efek sapuan kuning telur dan whipcream tersebut. Selain itu juga berguna untuk merekatkan bahan taburan seperti almond dan oats.

Ada juga dari mba Amy Riv, yaitu kuning telur + susu UHT/susu cair/susu evaporasi. Campurkan 1 butir kuning telur dengan 1 sdm susu UHT/susu cair/evaporasi, maka roti akan memiliki warna golden brown.

Yang terakhir dari mb Esti, yaitu campuran gula merah dan jahe. Roti akan menjadi glossy dan wangi.

Ternyata banyak banget kan yang masih perlu kita ketahui tentang roti ini. Semua yang tercantum di atas dibuat berdasarkan pengalaman membuat roti dari mba Daniar, mba Widya, mba Amy dan mba Esti. Mudah-mudah bermanfaat bagi kita semua (pastiiii...:)) Kalau ada yang mau nambahin silahkan lhooo....



No comments:

Post a Comment