Wednesday, November 21, 2012

Purple Donuts

Purple Donuts
 
Hasil main di dapur hari ini adalah donat warna ungu yang aku buat dengan resep donat kentangnya NCC, hanya saja kentang aku ganti dengan ubi ungu. Yang dari kentang sendiri sebenernya belum pernah coba bikin, tapi banyak yang kasih testimoni bahwa resep donat kentang NCC ini dah terbukti enak dan empuknya. Akhirnya cobalah dengan ubi ungu ini.
 
Ternyata tekstur adonan pada saat elastis kalo dideskripsikan bisa dibilang mirip tekstur permen karet dan ternyata buat aku malah lebih sulit membentuknya dibanding waktu bikin donat biasa yang hanya menggunakan tepung. Waktu itu bikin dengan resep NCC juga tapi yang donat almond. Dengan ubi ungu ini bentuk yang kudapatkan belum memuaskan sama sekali. Memang harus banyak latihan lagi. Next project pengen coba bikin dengan alpukat. Pernah baca artikel di internet bahwa dalam pembuatan kue bahwa penggunaan butter bisa diganti dengan alpukat. Rasa, tekstur dan aroma yang ditimbulkan pada cake-pun hampir sama dengan cake yang dibuat dengan butter. Makanya penasaran juga pengen bikin donat dengan alpukat, mungkin rasa donat akan menjadi lebih gurih.
 
Rasa donat dengan ubi ungu ini sama saja dengan donat biasa, hanya menimbulkan warna pada donat. Yang aku rasakan sih lebih mengenyangkan dibanding donat yang hanya menggunakan tepung saja. Walaupun mengenyangkan tapi donat ini tetep empuk dan ringan pada saat digigit. Berikut resepnya:

Donat Kentang
By: Fatmah Bahalwan
 
Bahan:
500gr tepung protein tinggi
50gr susu bubuk
11gr ragi instan
200gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan -> aku ganti dengan ubi ungu
100gr gula pasir
75gr mentega
1/2 sdt garam
4 kuning telur
100ml air dingin
 
Cara Membuat:
1. Dalam wadah campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk dan ragi instan. Aduk rata.
2. Masukkan kentang halus, tuang telur dan air dingin. Uleni sampai rata dan setengah kalis.
3. Beri mentega dan garam, uleni terus sampai kalis elastis. Istirahatkan selama 15 menit.
4. Bagi adonan masing-masing 50gr, bulatkan. Diamkan 20 menit hingga mengembang.
5. Lubangi tengahnya menjadi bentuk dionat, segeragoreng sampai kuning kecoklatan.
6. Angkat dan tiriskan. Taburi gula donat atau hias dengan cokelat.

No comments:

Post a Comment