Tuesday, March 25, 2014

My First Jelly Art









 
Sejak mulai bermunculannya jelly art di tahun 2013 lalu (atau malah jangan-jangan akhir 2012 yah...?) yang akhirnya menjadi booming sampai saat ini, sebenernya dah pengen banget praktek coba-coba bikin jelly art ini. Tapi ga jadi-jadi terus aja karena selain belum punya alatnya, waktu masih tersita dengan banyaknya kegiatan di Madrid ini (baca: sibuk banget).







 

 

Pas ada waktu senggang dimanfaatin untuk googling tutorial pembuatan jelly art ini. Ternyata bikin jelly art ini ga harus pake alat khusus, walaupun memang banyak yang menjual alatnya tapi gak tau kalo di sini ada atau ngga ya. Kalo ternyata bisa cuma dengan menggunakan alat suntik yang harganya cuma 2500 perak kenapa mesti beli alat mahal-mahal hehehe Itu juga yang dikasih tau sama mba Dini Vadya Baking Supplies yang selain menjual alat-alat untuk dekorasi jelly art tapi juga memberi kelas jelly art ini. Jadi makin semangat,walaupun saat itu masih belum ada waktu juga hehehe









Mba Dini juga share resep untuk membuat jelly art ini. Untuk basenya, atau bagian beningnya tinggal kita ikuti resep sesuai di bungkus Nu**ij*l dikurangin 100ml untuk airnya. Sedangkan untuk bunganya kita buat dengan agar-agar Sw**l*w sesuai resep dengan mengganti air dengan susu. Kalo masih awal-awal atau pemula seperti saya, saran mba Dini sih susu dicampur dengan air dulu supaya gak terlalu kental. Jadi dari total 900ml cairan, 600ml susu dan 300ml air. Kalau untuk backgroundnya dengan Nu**ij*l sesuai resep.




 







Pada saat bikin bunga, hanya lancar menggunakan jarum maksimal untuk kelopak bunga seukuran bunga yang warna biru. Untuk kelopak yang lebih besar dari bunga biru seperti mawar misalnya, entah kenapa jarum tidak dapat bergerak dengan mudah seperti yang aku liat di video-video tutorial. Entah karena cuaca di sini masih sangat dingin sehingga terlanjur terlalu keras bagian basenya atau memang ada tehnik khusus untuk menggerakkan jarum di dalam basenya yang aku belum tau. Mudah-mudah ada ahli jelly art yang baca tulisanku ini dan bisa kasih masukan buatku.










Akhirnya untuk bunga-bunga yang tidak bisa menggunakan jarum suntik, aku buat dengan bantuan macam-macam pisau. Dari pisau untuk oles mentega sampai pisau untuk ukir buah. Sendok tehpun dicoba. Pantang menyerah pokoknya hehehe dan alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan untuk pertama kali praktek jelly art. Sayangnya karena tidak langsung difoto warna hijau pada daun sedikit memudar tidak sehijau pada saat selesai membuat sehingga ga terlalu keliatan. Tapi tetep lumayan puaaassss dengan hasilnya :) Makasih mba Dini....

No comments:

Post a Comment