Tuesday, January 28, 2014

Sate Ayam






Hari Jum'at yang lalu ceritanya lagi kebingungan alias mati gaya bingung mau masak apa untuk hari itu. Bolak balik ke dapur tapi gak mulai-mulai masak sampai hampir jam 11siang. Si mbakku sampe bingung. Tiba-tiba dia nyaut bikin sate ayam aja bu. Hmmm boleh juga deh mumpung waktu lagi agak santai. Akhirnya langsung mengeksekusi  filet dada ayam. Denger-denger sih sebenernya yang enak buat dibikin sate ayam adalah bagian pahanya. Tapi yah gak tau juga bener ato ngga. Mudah-mudahan ada yang bisa kasih masukan setelah baca postingku ini.






Sate ayam ini aku buat dengan resep yang aku dapat dari yang bertugas masak di Wisma Indonesia waktu penempatan pertama suamiku di Lima, Peru. Enak banget sate buatan mba Komangi ini. Cuma ya itu sayangnya resep yang dia tulis gak pake takaran, cuma bumbu2nya aja yang ditulis. Lagi-lagi harus pake feeling.





Yang mau uji nyali ini dia resepnya yah...hehehe mudah-mudah feelingnya so good :D Soalnya suwwweeerrr deh kalo pas sate ini enak banget. Sambal kacangnya jadi gak dilirik karena satenya adanya juga udah mantaaappp!!!
 
Bumbu perendam:
Kecap
Minyak
Merica bubuk
Garam

Bumbu kacang:
Bawang merah
Bawang putih
-> keduanya goreng setengah matang
Terasi/petis udang
Garam
Gula pasir
Kecap manis
Cabai
 
Bumbu pengoles (pada saat setengah matang):
Bawang putih
Ketumbar
Jinten 
-> ketiganya dihaluskan
Kecap Manis
Minyak goreng
Sedikit garam
Bumbu kacang






Untuk olesannya aku kemarin lupa nyampurin bumbu kacang. Tapi tetep enak banget rasanya. Apalagi disantap langsung setelah dibakar. Kayaknya salah satu restoran sate yang terkenal itu juga gak kalah deh enaknya. Malah lebih tasty ini. Kebetulan kemaren bikinnya pas banget feelingnya hahaha Mudah-mudahan aja kalo bikin lagi gak berubah feelingnya.

No comments:

Post a Comment