Tuesday, January 28, 2014

Kue Lumpur Labu Kuning






Kue lumpur labu kuning ini sering banget aku bikin untuk beberapa event dari kursus singkat memasak masakan Indonesia sampai acara natal di KBRI Madrid. Saking seringnya sampai aku diledekin upik labu sama temen-temen hahaha Habis gimana yah...kue lumpur labu kuning ini memang enak baik tekstur maupun rasanya. Aromanya pun wangi menggoda iman. 

Kue lumpur labu kuning ini aku buat dengan resep Bu Fatmah yang cantik. Hanya saja kentang aku ganti menjadi labu kuning. Untuk yang mau coba-coba bikin silahkan diintip resepnya di bawah ini ya.






Kue Lumpur
By: Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr gula pasir ( aku hanya 400gr)
500 gr tepung terigu
1 kg kentang, kukus dan haluskan (aku ganti dengan labu kuning)
200 gr margarine, lelehkan
5 btr kuning telur
4 btr putih telur
1 ltr santan
1 sdt vanilli
1 sdt garam
200 gr kismis, untuk taburan

Cara membuat:
  1. Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang (tidak perlu naik), masukkan garam dan vanilli sambil terus dikocok.
  2. Tuangi santan, aduk rata, masukkan kentang halus dan tepung terigu secara bertahap sambil tetap diaduk rata.
  3. Terakhir, taung mentega leleh, aduk rata.
  4. Panaskan cetakan kue lumpur, poles mentega, tuangi adonan hingga ¾ penuh, tutup, biarkan setengah matang taburi kismis, tutup lagi, biarkan sampai matang. Angkat. Variasi taburan lain bisa menggunakan parutan keju, irisan nangka, coklat mesis, dll.
Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment