Thursday, March 26, 2015

Bika Ambon Pandan







Beberapa bulan yang lalu ngeliat postingan mba Melly Mellyloveskitchen di facebook, bika ambon pandannya cantik dan menggiurkan banget jadi tertantang nyoba bikin bika ambon lagi karena sebelumnya pernah gagal dengan menggunakan resep lain. Sepertinya sih karena gak merhatiin bener-bener prosedur di resep makanya ga beres juga hasilnya.

Resep yang dipakai mba Melly ini adalah resepnya mba Diana Cahya yang dimodifikasi menjadi rasa pandan oleh mba Melly yang menurutku rasanya juga pas banget dengan bika ambon yang aku harapkan. Sarang dan teksturnyapun bagus. Pokonya puas lah bikin bika ambon dengan resep mba Diana Cahya ini. Yang tertarik pengen coba bikin di rumah biasa liat resepnya di bawah ini ya...


Bika Ambon Pandan
By: Diana Cahya

Bahan A:
1sdm gula pasir
1sdm tepung terigu protein sedang
6sdm air putih (45ml)
4gr ragi instant

Bahan B:
8 butir kuning telur
150gr gula pasir

Bahan C:
100gr tepung sagu tani -> aku pakai tepung tapioka

Bahan D:
150gr santan kental -> untuk rasa pandan takaran santan menjadi 130 gr, kemudian ditambah 20gr air daun pandan/daun suji dan 6 tetes pasta pandan
5 lembar daun jeruk
1 batang sereh memarkan
2gr garam









Cara membuat:

1. Siapkan santan bersama dedaunan yang diperlukan, rebus dengan api kecil sampai tercium bau wangi, matikan api dan dinginkan.
2. Siapkan bahan A, untuk biang ragi. Siapkan 15 menit sebelum adonan bika ambon dikerjakan.
3. Dalam wadah bersih, aduk bahan B dengan kocokan manual (whisk) hingga rata -> aku pake mixer dengan kecepatan rendah.
4. Masukkan bahan A ke B, aduk rata lalu secara selang seling masukkan bahan C dan D dan aduk hingga rata.
5. Diamkan adonan dalam suhu ruangan selama 3 jam.
6. Panaskan snack maker di atas kompor dengan api sedang hingga benar-benar panas, lalu tuang adonan sampai 1/2 wadah. Adonan ini akan naik. Tunggu hingga adonan berlubang merata, lalu tutup cetakan dan kecilkan api.
7. Tunggu sampai matang, yaitu bila permukaan bika ambon terlihat tidak lembek lagi.






Perlu diperhatikan, snack maker garus benar-benar panas. Jika kurang panas, tidak akan terbentuk sarang. Di sini aku menggunakan loyang dan dipanggang dengan menggunakan oven. Loyang ini juga harus dipanaskan paling tidak selama 10 menit yang bisa dilakukan bersamaan sambil memanaskan oven dengan temperatur 180C.

Setelah oven dan loyang panas, masukkan adonan ke dalam loyang lalu panggang dengan pintu oven dalam keadaan sedikit terbuka agar aliran panas bisa keluar. Setelah semua permukaan berlubang/bergelembung, tutup oven dan kecilkan suhu menjadi 170C, tunggu hingga matang.

Setelah mengikuti tips-tips dari mba Melly di atas, alhamdulillah bika ambonnya sukses :) Thanks a LOT mba Melly...

No comments:

Post a Comment