Monday, April 21, 2014

Banana Bread






Hooon...bikin banana bread dooonk. Hooon bikin banana bread donk. Berkali-kali hubby minta dibuatin banana bread favoritnya ini. Tapi selalu pas gak punya pisang bonyok. Pas di rumah lagi ada pisang kematengan yang rencananya jadi salah satu bekal untuk jalan-jalan beberapa hari lalu dalam rangka libur Paskah 4 hari yang batal karena kaki mamaku sakit karena kebanyakan jalan kaki. Masuk dapur, intip-intip bahan. Yak, semua lengkap. Siap laksanakan Jendral!!!:)






Sejak dulu yang jadi resep favoritku untuk bikin banana bread ini adalah resep Betty Crocker. Simple dan cepat bikinnya. Walaupun pada umumnya tekstur yang sebenarnya dari  banana bread ini memang padat tapi banana bread resep Betty Crocker ini sama sekali ga seret. Enak banget deh pokoknya. Dengan tambahan sedikit lemon zes, banana bread ini jadi semakin enak rasanya. 

Kali ini sengaja aku bikin bukan dengan loyang loaf melainkan dengan loyang kotak biasaukuran 20cmx20cm , dengan harapan lebih cepat matangnya. Dan ternyata benar dan matangnya juga lebih bagus baik bentuk dan teksturnya, yang penting jangan kelamaan aja. Dengan loaf pan biasanya bisa sampe 1,5 jam kali ini dengan loyang biasa 1 jam teng sudah matang dengan sempurna. Balik lagi tergantung oven masing-masing ya....Untuk resep aku share di bawah ini ya *winks







Banana Bread
By Betty Crocker

1 1/4cup gula
1/2cup mentega/margarin suhu ruang
2 telur
1 1/2 cup pisang matang, lembutkan
1/2 cup buttermilk (kemarin aku pake yoghurt aja, kebetulan punya yoghurt kambing yang ternyata aku ga suka sama sekali, sayang daripada kebuang)
1sdt vanila
2 1/cups tepung terigu serba guna
1sdt baking soda
1sdt garam
1cup kacang (aku pake almond yang aku iris2 kasar)
1sdt lemon zest

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180C.
2. Campur gula dan mentega/margarin, lalu masukkan telur.
3. Masukkan pisang, buttermilk dan vanila. Aduk sampai lembut.
4. Masukkan tepung, baking soda dan garam. Aduk rata.
5. Masukkan kacang, aduk rata.
6. Tuangkan ke loyang yang sudah diolesi mentega/margarin/carlo/minyak biasa juga bisa kok.
7. Panggang 1 sampai 1,5 jam atau sampai matang atau bisa dengan melakukan tes tusuk.

Untuk yang suka bisa juga ditambahkan chocolate chips. Selamat mencoba ;)

No comments:

Post a Comment