Tuesday, May 27, 2014

Cheesy Milky Cake





 
Beberapa waktu yang lalu cake keju susu yang dishare oleh mba Echa ini lumayan rame di group FB Natural Cooking Club. Setelah liat resepnya ternyata simple banget bikinnya. Kebetulan beberapa hari yang lalu ada sedikit waktu senggang di malam hari, langsung aja coba bikin kuenya.
 
Cake Keju Susu
By: Echa
 
Bahan:
275gr mentega
200gr gula
1/2 blok keju, potong kecil-kecil
6 kuning telur, 1 putih telur
250gr terigu
1/2sdt emulsifier 
1sdm maizena
2sdm susu bubuk 
 
Cara membuat:
1. Kocok mentega, emulsifier dan gula selama5 menit.
2. Masukkan keju.
3. Masukkan telur satu persatu.
4. Kocok sampai putih, lalu masukkan terigu, maizena dan susu bubuk sedikit demi sedikit.
5. Tuang ke loyang tulban dan panggang sampai matang.






Karena diresep tidak disebutkan suhu oven,jadi aku kira-kira aja. Kemarin aku pakai 200C pada saat memanaskan kemudian pada saat memasukkan oven suhu aku turunkan menjadi 150C. Untung aja dikecilin ovennya, karena sempe kelupaan kalo lagi manggang kue. Sampai sejam baru sadar karena lagi asik didepan laptop dan tercium bau-bau gosong sama sekali. Untung kuenya aman ga gosong sama sekali cuma bagian atas cake yang tadinya di dasar loyang jadi berwarna sangat cokelat. Tapi malah tambah enak ternyata rasanya di bagian yang kematengan ini hihihi.
 
1 resep cake ini bisa untuk 1 loyang tulban standar. Tapi berhubung aku di rumah ga punya, jadi aku hanya pake loyang biasa. Akhirnya kuenya jadi agak tipis.
 
Kalo liat di foto memang sepertinya pori-pori cake ini besar seperti butter cake pada umumnya.Tapi setelah dicicipi, ternyata teksturnya lembut dan ga seret seperti butter cake pada umumnya. Dan rasanya juga enak. Bisa juga dijadikan tambahan varian jualan. Tinggal ditambahin butter cream dan keju, yakin deh pasti makin enak ;)

No comments:

Post a Comment