Tuesday, May 27, 2014

Sate Lilit



 
 
 
Tanggal 26 April 2014 lalu, telah dilaksanakan bazar diplomatik Kermes yang diadakan oleh AIDE (Asociación de Damas Diplomáticas en España) yang diikuti oleh puluhan perwakilan negara yang ada di Spanyol. Bazar ini selain menjual berbagai macam makanan khas masing-masing negara juga menjual macam-macam handy craft. Juga ditampilkan pentas seni dari beberapa negara. Indonesia menampilkan tari Saman yang mendapat sambutan amat sangat meriah dari penonton. Semua peserta wajib menyumbang dari hasil penjualan untuk diserahkan ke Fundación de Reina Sofia (Ratu Sofia) untuk nantinya dibelikan bis sekolah untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus.

 
 
 



 
 
Selain itu juga dibuat satu buku kumpulan resep "Sabores del Mundo" atau dalam bahasa Inggrisnya World Flavours (bingung kalo nerjemahin pake bahasa Indonesia kayanya ko kepanjangan dan kurang ngena hihihi). Awalnya ada beberapa macam jenis makanan yang diajukan kepada Duta Besar. Tapi akhirnya sate lilit ini yang terpilih untuk diajukan dalam kumpulan buku resep ini karena keeksotisannya . Dalam buku ini terdapat lebih dari 50 resep dari 49 negara. Buku ini dijual dengan harga € 10.
 
 


 
 
 
Kebetulan karena aku hobby masak dan foto, akhirnya akulah yang dipercayakan untuk merealisasikan sate lilit ini. Resep yang aku pakai sebenarnya adalah resep dari Sajian Sedap tetapi dimodifikasi untuk disesuaikan dengan lidah orang asing dan juga keberadaan bahan-bahan di Spanyol ini. Kemudian resep aku terjemahkan ke bahasa Spanyol.  Di bawah ini aku tuliskan resep aslinya.
 
 
 


 
 
Sate Lilit Ikan
Sumber: Sajian Sedap
 
Bahan:
250gr daging ikan tenggiri dihaluskan
100gr kelapa parut, sangrai
1/4sdt asam jawa
1/2sdt merica hitam, tumbuk kasar
1/2sdt gula merah, disisir
2sdm minyak goreng
batang sereh
 
Bumbu halus:
2bh cabai merah besar, buang bijinya
2bh cabai rawit hijau, cincang halus
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
1cm kunyit dibakar
1cm jahe
3 butir kemiri, sangrai
1sdt ketumbar
1/2sdt terasi, dibakar
1/4sdt gula pasir
 
Cara membuat:
1. Aduk semua bahan dengan bumbu halus sampai rata.
2. Ambil sedikit adonan dan rekatkan pada batan sereh. Bentuk seperti pentul.
3. Bakar dengan bara api sampai matang. 
 
Untuk 12 orang

No comments:

Post a Comment