Friday, January 11, 2013

Chocolate Cake for bu Uuf






Chocolate cake ini repeat order dari wali kelas anakku Lulu, ibu Uuf. Minta dibuatkan sesuai budget yang sama seperti order sebelumnya. Sempet bingung karena lupa waktu itu pake resep yang mana. Pengennya walaupun dengan budget yang sederhana tapi tetap dengan rasa yang enak. Baca-baca koleksi resep yang ada di BB sambil itung-itung modal nemu 1 resep yang tetap menggunakan Dark Cooking Chocolate cair tapi tetap ekonomis. Sepertinya resep ini walopun ekonomis dengan adanya kandungan DCC pasti akan nyoklat rasanya. Tapi bener-bener lupa ini resepnya siapa. Langsung lah dieksekusi. Setelah cake matang, aku coba cicipin sedikit sisa trimming. Ternyata memang benar nyoklat banget. Alhamdulillah...Untuk filling aku pake vanilla butter cream dan taburan meses. Sedangkan luarnya juga dengan vanilla butter cream dan parutan cokelat.




Selesai mendekor cake, langsung aku share ke baking group di BB. Aku minta tolong dikasih tau juga siapa tau ada yang kenal ini resepnya siapa. Untung ada yang ngenalin. Ternyata punya salah satu teman di group juga. Lucunya si empunya reseppun saking seringnya utak atik resep ga nyadar kalo itu resep dia hahaha Setelah ada yang nyaut itu kan resepnya ci Metta...baru deh ybs langsung buka primbonnya dan inget kalo itu resepnya dia hahaha Bahaya nih,bisa-bisa diaku punya orang lain resepnya...




Yang masih suka bingung cari resep chocolate cake ekonomis tapi murah bisa pake resep ini. Resep hasil utak utiknya ci Metta @metta_d. 

Choco Cupcakes

Bahan:

1 3/4 (220gr) terigu serba guna
3 sdm cokelat bubuk
200gr DCC
200gr gula pasir -> gula aku pakai 175gr karena bikin butter milknya dari susu cokelat 
2 butir telur
1 sdt baking soda
2 sdt baking powder
1 sdt garam
1 sdm essens vanila
90gr mentega/minyak sayur -> aku pake minyak sayur
125ml susu hangat + 1sdm air jeruk lemon -> aku pake susu cokelat

Cara membuat:

1. Campur bahan kering: terigu, cokelat bubuk, baking soda, baking powder, garam. Ayak. Sisihkan.
2. Lelehkan DCC, kemudian tambahkan mentega/minyak sayur. Sisihkan.
3. Campur telur, gula, essence vanila. Aduk rata.
4. Masukkan campuran DCC + mentega ke dalam adonan telur. 
5. Masukkan bahan kering bergantian dengan susu yang sudah diberi air lemon ke dalam adonan cokelat.
6. Aduk hingga rata.
7. Masukkan ke dalam paper cup. Oven dengan api 180C selama 22 menit atau hingga matang.


Untuk cupcakes jadi sebanyak 22 cups. Untuk cake ini aku buat dengan 3 loyang bulat diameter 18cm. Perlayer tinggi sekitar 2 cm. Aga ketinggian, jadi kemarin sedikit aku trim. Sepertinya kalo untuk diameter 18cm 2/3 resep atau 3/4 resep masih oke tinggi cake yang dihasilkan nanti. Jadi bisa lebih ekonomis lagi ;) Semoga bermanfaat.





No comments:

Post a Comment