Saturday, July 19, 2014

Carang Gesing

 
 
 



Tahun 2013 lalu NCC mengadakan NCC Home Made Food Fiesta 2013 yang merupakan ajang berkumpulnya member NCC dari seluruh Indonesia. Saat itu diadakan lomba menghias barbie dengan peserta terbanyak untuk memecahkan rekor MURI. Di ajang ini para member NCC yang hadir harus membawa potluck untuk dimakan bersama-sama di lokasi. Nah pada saat itu masih bingung akan membawa apa untuk dibawa ke NCC HMFF ini. Pak Wisnu yang merupakan moderator dari milis NCC itu menyarankan untuk membawa carang gesing ini. Okelah walaupun belum pernah bikin boleh juga nih ide pak Wisnu. Bikinnya pun gampang. Tapi menjelang hari H ternyata mendadak dapet order dessert table yang kebetulan sudah lama dinanti-nanti. Kebetulan customer langganan ini selain memesan cake dan lain-lain juga memesan puding cokelat dan strawberry crumble. Akhirnya carang gesing ini berubah menjadi strawberry crumble mengingat minimnya waktu untuk persiapan dessert table dan HMFF ini :D

Lebih dari 1 tahun berlalu dari HMFF NCC, dan carang gesing inipun terlupakan hahaha. Pikir-pikir kira-kira apa yang bisa dibikin untuk buka puasa. Sebelumnya baru aja beli pisang tanduk untuk bikin kolak pisang dan masih bersisa. Tiba-tiba teringat sama si carang gesing ini. Langsung masuk dapur dan inventaris bahan dan ternyata semua ada. Yak kamulah carang gesing pilihann saya untuk ta'jil hehehe





 
 
Untuk membuat carang gesing ini aku bikin dengan resep dari buku "Dessert dan Minuman Anti Gagal"-nya NCC yang aku copy dari blog mba Hernik Widowati Dancing in the Kitchen. Resepnya bisa  dilihat di bawah ini resepnya.
 
Carang Gesing
Source: Buku Dessert dan Minuman Anti Gagal NCC
 
Bahan:
 
500gr pisang ambon (aku pake pisang tanduk), potong tipis-tipis kurang lebih 5mm
200ml santan siap pakai
100ml air untuk menambah cairan
75gr gula
1 butir telur
daun pandan secukupnya
 
 
Cara membuat:
 
1. Siapkan wadah keramik atau wadah tahan panas.
2. Campur santan, air dan gula. Aduk rata.
3. Masukkan telur, aduk sebentar agar pecah kuningnya. Tidak usah terlalu rata.
4. Tuangkan ke dalam wadah keramik, masukkan daun pandan yang sudah dipotong-potong.
5. Susun potongan pisang dalam wadah. Usahakan pisang tenggelam dalam cairan.
-> Aku menyusun pisang di wadah dulu, baru menuangkan cairan ke dalam wadah diikuti dengan menabur daun pandan yang sudah dipotong.
6. Kukus hingga matang.
7. Angkat dan tunggu sampai agak dingin.
8. Siap disantap hangat maupun dingin.






 
Ternyata carang gesing ini betul seperti yang dikatakan pak Wisnu. Bikinnya gampang, rasanya enak. Yang suka pisang pasti suka. Suamiku begitu berbuka puasa dengan carang gesing ini, walaupun sudah diambilkan banyak masih ke dapur sendiri untuk nambah ;) 

No comments:

Post a Comment