Tuesday, July 22, 2014

Kue Pukis

 
 
 
 
 
 
Masih dalam rangka bikin ta'jil dan penasaran mau memberdayakan cetakan kue pukis. Setelah minta tolong si mba ke supermarket terdekat untuk cari ragi,akhirnya bisa terlaksana juga bikin kue pukis ini. Sudah beberapa kali nyoba macem-macem makanan dengan resep teh Ricke Ordinary Kitchen, jadi untuk kue pukis ini juga langsung pake punya teh Ricke aja yang aslinya adalah resepkue pukis pandan.
 
Berhubung deket rumah adanya cuma mini market jadi jualannya juga terbatas walopun masih jauh lebih lengkap sih dibanding minimarket di Indonesia. Mini market di sini mereka masih jual sayuran, buah dan ayam serta daging. Cuma kalo untuk nyari ragi agak susah, kadang stoknya lagi ga ada. Akhirnya malah dapet ragi yang belum pernah aku coba sebelumnya. Bentuknya seperti butter tapi lebih padat, jadi harus disimpan di dalam kulkas. Disebutnya sih levadura fresca alias ragi segar.  Untung aja di bungkusnya ada keterangan untuk tepung sekian gram berapa banyak ragi yang diperlukan. Jadi di sini untuk ragi aku ga mengikuti resep tapi sesuai takaran di bungkus ragi tersebut.
 
 
 
 
 

 
Kue Pukis
Source: Ricke "Ordinary Kitchen"
 
Bahan:
 
250gr terigu protein tinggi ->aku ga ada jadi pake yang serba guna
150gr gula pasir
3 butir telur
1sdt emulsifier (optional)
1/2sdt essence vanila
1/4sdt garam
1sdt ragi instant
350gr santan sedang kentalnya, 200ml santan kara ditambah air sampe 350ml->aku pake santan yang diimport dari Thailand
1 1/2 pasta pandan -> aku skip karena mau bikin yang biasa aja
65gr margarin, lelehkan
50ml susu kental manis putih
 
Cara membuat:
 
1. Ayak terigu,sisihkan.
2. Campur santan dengan pasta pandan, didihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam hingga mengembang, kental dan kaku berwarna putih dengan mixer dengan menggunakan kecepatan tinggi. Masukkan essence vanila, aduk rata.
4. Turunkan kecepatan mixer hingga kecepatan paling rendah, masukkan 1/3 bagian terigu dan kocok rata sebentar. Masukkan 1/2 bagian santan, lau aduk rata. Teruskan berselang seling terigu dan santan sampai habis diakhiri dengan terigu. Matikan mixer.
5. Masukkan ragi instant. Aduk rata dengan spatula.
6. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan spatula.
7. Terakhir masukkan susu kental manis, aduk rata dengan spatula.
8. Diamkan selama 20-30 menit.
9. Panaskan cetakan pukis yang telah diolesminyak/margarin dengan api sedang. Setelah panas kecilkan api (pakai api kecil aja).
10. Tuangkan adonan setinggi 3/4 cetakan.  Tutup, biarkan setengah matang lalu taburi topping selagi permukaannya masih agak cair. Tutup kembali dan masak sampai matang dan kering permukaannya.
11. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Olesi dengan margarin selagi panas agar kulit pukis tidak kering dan mengeras setelah dingin.
 
 
 
 
 
 
 
 
Berikut beberapa tips dari teh Ricke dalam pembuatan kue pukis ini:
1. Supaya lebih awet dan tidak cepat asem, sebaiknya santan direbus terlebih dulu.
2. Sebelum adonan pukis dituang sebaiknya adonan diaduk sambildikeplo-keplok terlebih dahulu untuk mengurangi gelembung udara dalamadonan sehingga permukaan pukis tidak bolong-bolong besar.
3. Tuang adonan dengan gelas ukur besar agar lebih mudah dalammenuang dan tidak belepotan.
4. Setelah dingin, simpan pukis dalam wadah rapat.
5. Kalo ga punya cetakan kue pukis bisa menggunakan cetakan kue lumpur. Pake cetakan kue cubit dan poffertjes aku yakin juga bisa. Cuma beda bentuk aja,rasasih tetap sama. Kalau cetakanku ternyata cetakan pukis mini, Jadi kecil-kecil deh pukisnya. Itupun baru sadar waktu pukisnya jadi hahaha
 
Selamat mencoba :)


No comments:

Post a Comment