Saturday, July 19, 2014

Lapis Surabaya

 
 



 
 
Ceritanya sekretaris dubes bbm aku tanya apakah untuk lebaran nanti bisa atau ngga bikin lapis surabaya. Aku masih agak-agak mikir karena di sini aku ga ada mixer besar, cuma bawa hand mixer biasa yang ternyata salah satu balloon whisknya udah dol jadi agak riskan kalo ngerjain lapsur. Apalagi kalo kudu banyak ngerjainnya.
 
Keesokan harinya, kepikiran iseng ah coba bikin sambil ngetes mixer. Bahan semua ada di rumah, hanya saja aku ga punya butter cuma ada margarin. Ya gak apa-apa lah namanya juga mau ngetes mixer. Alhamdulillah ternyata mixer aman sampai selesai ngadon. Hanya saja memang pada saat mengocok, mixer ga bisa digerakin. Kalo digerakin pasti balloon whisknya lepas.
 
Untuk bikin lapis surabaya ini seperti biasa aku bikin dengan resep NCC dengan sedikit modifikasi. Untuk resep bisa dilihat di sini. Di Indonesia aku ga punya oven yang ada api atasnya, itu sebabnya bagian atas lapsur di link resep tadi kurang bagus karena gak bisa membentuk kulit bagian atas. Sedangkan sekarang karena ada api atas jadi bisa jauh lebih cantik. Untung saja pada saat di Indonesia ga ada yang pesen lapsur polos. Semua pesen unuk didekorasi dengan fondant. Jadi aman hehehe
 
Satu lagi, karena gak dibuat dengan butter jadi tekstur yang kudapet gak selembut seperti biasanya. Sebenernya rasa tetep enak sih, tapi menurutku jadi kurang mantap. Rasanya jadi terlalu spongy dan agak kasar. Dari penampakannya juga terlihat pori-pori lapsur ini besar. Yah memang di mana-mana kalau kita pake bahan bagus pasti harga juga lebih mahal. Dengan sendirinya ada harga ada kualitas. Berhubung untuk ngetes mixer yah gak apa-apa deh hehehe. Lain kali tetep bikin pake butter demi kualitas.
 
Iseng-iseng aku kasih ke sekretaris dubes supaya nyicipin. Eh ternyata semuanya dikasih ke dubes, Alhamdulillah beliau suka dan tetep pesan untuk lebaran nanti.

No comments:

Post a Comment