Friday, December 7, 2012

Cinnamon Roll & Choco Chips Roll

 
 
 
 

 
 
 

Dengan adanya event NCC Bread Weeks, yang lagi seneng bikin roti makin getol deh bikin roti. Apalagi liat foto-fotonya yang keren-keren jadi makin ngiler dan nambah waiting list yang harus dibikin. Nah salah satunya cinnamon roll ala mb "Amy" Almyra Pangestu Mamiko. Pokoknya mendadak jadi fans beratnya mb Amy deh. Soalnya banyak banget informasi mengenai roti yang jarang banget diketahui orang kecuali yang sudah profesional. Dan mb Amy ini selalu berusaha membuat makanan yang lebih sehat.

Karena Mikail anakku yang kecil cuma suka yang namanya cokelat, jadi 1 resep aku bagi 2. Sebagian cinnamon roll kesukaan papanya anak-anak dan Lulu anakku yang besar. Tapi tetap menggunakan gula palemnya sehingga warnanya tetap bagus. Eh ternyata pas abis nyobain yang cokelat papanya anak-anak doyan juga. Langsung bilang enak banget, dan langsung minta dibuatin lagi untuk dikasih kesalah satu atasannya sebagai ucapan terima kasih karena sudah ngasi kesempatan dan percaya sama dia untuk jadi salah satu penguji dalam ujian masuk pegawai di salah satu Kementrian. Dan kebetulan suamiku ini akhirnya menjadi penguji termuda.
 
 


 

 


 
 
Naaah, biar beda pas bikin yang ke dua kalinya, bentuk aku rubah dengan menggulung adonan dari ke dua sisi adonan. Sehingga bentuknya menjadi seperti di bawahi ini. Untuk yang cokelat aku lipat dengan cara sisi bawah dilipat ke tengah begitu juga bagian atas sehingga menjadi bentuk persegi panjang yang terdiri dari 3 lapisan. Lalu dilipat lagi dengan mempertemukan ke dua sisi bawah dan atas. Baru setelah itu dipotong. Mudah-mudahan bisa dimengerti yah bahasaku.
 
 
 

 
 
Cinnamon roll dan choco chips roll ini enak banget, buatnya pun gampang. Apalagi kalo baru keluar dari oven, biarpun tangan masih kepanasan megangnya tapi tetep ga bakal sabar untuk nyicipinnya. Pada saat pertama kali bikin, motong cinnamon rollnya terlalu tipis. Akibatnya tekstur jadi terlalu crunchy. Tapi tetep enak banget. Jadi kaya makan pastry. Sedangkan yang cokelat sudah pas ketebalannya. Sedangkan pas yang ke dua kalinya sudah dapet bentuk dan tekstur yang oke (menurutku yaaa..).
 
 
 
 

 
 
 
Resepnya sebagai berikut:
 
Cinnamon Roll
Sumber: Almyra Pangestu
 
Bahan:
390gr tepung segitiga
1 sachet ragi instant (11gr)
1/4 cup gula pasir
1/2tsp garam
3/4 cup susu cair
1/4 cup air
4tbs butter
1 butir telur
 
Bahan isi:
1 cup gula palem
1 1/2 tbs bubuk kayu manis (karena aku suka banget sama aroma kayu manis, aku selalu pakai 2x lipatnya)
Campur ke dua bahan tsb
 
Cara membuat:
1. Hangatkan susu dengan butter. Butter akan meleleh dengan sendirinya. Jadi jangan sampai mendidih. Segera matikan api begitu butter meleleh.
2. Campur larutan susu dengan air dan biarkan hingga suam-suam kuku.
3. Campur semua bahan kering hingga rata.
4. Tuang larutan susu ke dalam bahan kering dan masukkan telur yang sudah dikocok lepas.Uleni hingga kalis.
5. Setelah kalis,taruh adonan ke dalam wadah yang sudah diberiminyak sehingga tidak lengket. Tutup serbet dan biarkan selama 10 menit.
6. Siapkan loyang atau aluminium foil dan olesi tipis-tipis dengan minyak. Taburi sedikit dengan bahan isi.
7.Gilas adonan yang telah diistirahatkan menjadi bentuk persegi panjang dengan ukurankurang lebih 12"x9"-> pada prakteknya sesuai selera aja.
8. Taburi bahan isi dan gulung adonan seperti hendak membuat roll cake.
9. Potong dan susun dalam loyang yang telah disiapkan dan biarkan mengembang selama 45 menit.
10. Panggang selama18 menit pada suhu 190C.
 
 
 
 

 

No comments:

Post a Comment