Friday, August 30, 2013

Agar-agar Gula Merah

 
 
 



 
Jum'at lalu ceritanya baru tanda tangan kontrak sewa rumah dengan owner dan serah terima kunci mobil yang kebetulan kita beli dr owner juga karena mereka memang sudah lama tinggal di London. Mereka, Eva dan Peter pernah tinggal di Malaysia dan pernah juga jalan-jalan ke Indonesia serta tempat-tempat di Asia lainnya. Karena itu pada saat pertama kali kita melihat rumah, kita surprised banget karena banyak sekali pajangan dinding, topeng ataupun patung khas Indonesia seperti batik, ukiran, tenun dll. Makin home sweet home deh. Apalagi perabotan rumah dan pembagian ruangnya bisa dibilang hampir 100% sesuai harapan jika dibandingkan dengan sekian banyak tempat tinggal yang sudah kita liat. Akhirnya rumah Eva dan Peter inilah yang jadi pilihan kita selama tinggal di Madrid untuk beberapa tahun ke depan 








Sesaat sebelum saling berpisah, kami sempat ngobrol dan Eva mengatakan bahwa dia senang makanan yang pedas. Terbersit ingin memberikan sesuatu khas Indonesia sebelum mereka berangkat ke London Minggu paginya. Tapi sayang, aku ga sempet ke toko Cina untuk belanja bahan-bahan masakan Asia. Beginilah masih tinggal di hotel jadi persediaan juga pas-pasan karena kulkas di hotel juga kecil. Pikir-pikir kira-kira apa yang mudah dan tersedia bahannya. Akhirnya aku putuskan untuk bikin agar-agar gula merah aja. Kebetulan masih ada sisa gula merah waktu bulan puasa kemarin, walaupun bukan gula merah Indonesia dan sedikit beda aromanya tapi Alhamdulillah ternyata rasanya masih sama dan enak banget.
 


 
 
 
 
Untuk buat agar-agar gula merah ini aku buat dengan resep yang dishare oleh mba Cici di blog NCC Jajan Tradisional Indonesia, diambil dari buku Kue-Kue Indonesia Yasa Boga. Berhubung di hotel hanya ada timbangan digital yang sempat aku keluarin dari kardus, dan ga ada gelas ukur, jadi yah semuanya serba kira-kira aja. Berikut resepnya:
 
Bahan:
 
1bks agar-agar putih
750ml santan dari 1 kelapa -> aku pakai santan instant ditambah air dan sedikit susu
125gr gula merah
50gr gula pasir -> aku ga pake lagi, karena ini menurutku sudah manis banget
1/2sdt garam
2lbr daun pandan, sobek dan buat simpul -> ga punya daun pandan :)
 
Cara membuat:
 
1. Campur semua bahan dalam panci, aduk sampai agar-agar larut.
2. Panaskan dengan api kecil, aduk sampai masak.
3. Tuang ke dalam cetakan puding.
4. Dinginkan.
 

No comments:

Post a Comment