Friday, August 30, 2013

Asparagus Ala Oriental







Bagi yang pernah atau sedang tinggal di luar negeri, di mana sulit untuk memperoleh sayuran Asia pasti pernah mengalami kebingungan kira-kira mau masak apa untuk keluarga tercinta sehari-hari. Apalagi sayuran di negara Barat biasanya mentok-mentok kebanyakan untuk dibuat salad. Seperti asparagus ini, paling-paling hanya dibuat sup yang orang awam tahu pada umumnya termasuk aku. Ternyata dengan asparagus bisa juga enak jika diolah dengan saus tiram. Dalam keterbatasan kadang memaksa orang untuk menjadi lebih kreatif dan akhirnya menghasilkan sesuatu yang positif.






Dalam keadaan bosan dan bingung mau masak apa, iseng-iseng beberapa tahun yang lalu sewaktu tinggal di Lima, Peru coba memasak asparagus dengan saus tiram ini. Alhamdulillaah ternyata keluarga suka. Selama di Indonesia kemarin malah tidak pernah sama sekali bikin menu ini. Beberapa hari yang lalu kebetulan di kulkas hanya ada sisa asparagus, akhirnya masak asparagus ala oriental ini lagi. Hanya saja kali ini aku tambahkan jamur champignon dan tahu goreng. Hmmm yummy, anakku yang kecil Mikailpun suka dengan asparagus ini.






Untuk yang ingin mencoba, ini bener-bener super duper gampang deh. Ibaratnya ngaduk sambil merem juga jadi :D Kira-kira begini...

Bahan:
2 ikat asparagus
200gr jamur champignon
3 buah tahu, potong kotak-kotak, goreng
2sdm saus tiram
kecap ikan secukupnya
kecap asin secukupnya
Bawang putih 4 siung, iris tipis
Minyak

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai wangi.
2. Masukkan saus tiram.
3. Masukan asparagus dan jamur, aduk sebentar sampai agak matang.  
4. Masukkan tahu, aduk.
5. Tambahkan kecap ikan dan kecap asin sesuai selera.
6. Aduk rata, siap dihidangkan.

Mudah kan? Mudah-mudahan masakan sederhana ini bisa menambah menu untuk keluarga tercinta ya....

No comments:

Post a Comment