Friday, September 6, 2013

Corn Flakes Crunch






Akhirnya NCC (Natural Cooking Club) online event muncul lagi. Tema kali ini adalah Chocolate Weeks yang berlangsung sejak tanggal 2 September 2013 sampai dengan 2 Oktober 2013. Event kali ini agak spesial dibanding biasanya karena bekerja sama dengan Dapur Masak yang merupakan web yang berisikan komunitas pecinta makanan dan orang-orang yang memang hobi memasak ataupun tertarik dengan kuliner. Para membernya bisa dengan bebas saling berbagi akan resep-resep masakan maupun saling bertukar pikiran mengenai resep resep tersebut.

Sebagai setoran pertama sebagai bentuk partisipasi dalam online event ini, adalah Corn Flakes Crunch yang amat sangat mudah dan singkat waktunya dalam pembuatannya. Cocok banget untuk dijadikan cemilan anak-anak di rumah. Rasanya sih mirip-mirip dengan beng-beng. Walaupun sebenernta beli beng-beng juga bisa tinggal nyebrang ke warung depan, tentunya kalau kita menyediakan cemilan untuk anak-anak dari dapur kita sendiri tentunya lebih memuaskan dan pastinya tenang akan kebersihan maupun zat-zat pengawet.






Resepnya aku peroleh dari koleksi buku resep owner rumah yang aku sewa di sini. Karena beliau mengetahui kalau si penyewa rumahnya ini senang berkutat di dapur maka koleksinya ditinggalkan di rumah. Kebetulan beliau dan keluarganya sudah lama tinggal di London. Huaaaa kegiranganlah aku. Begitu tahu ada online event mengenai cokelat ini langsung aja buka-buka koleksi buku resepnya. Kebetulan di rumah internet belum aktif jadi ga bisa googling dengan leluasa. Tapi sayang tidak jelas resep-resep tersebut karena resep berbentuk kumpulan kartu-kartu resep yang sudah hilang kotaknya. Dugaanku sih sepertinya Nigella Lawson, karena ada beberapa kesamaan resep yang terdapat di buku resep Nigella Lawson. Resepnya sebagai berikut:

Bahan:
225 gr cokelat masak
50gr margarin
margarin secukupnya untuk mengoles loyang
3sdm golden syrup (Bisa diganti dengan madu, tapi jangan yang terlalu kental konsistensinya)
100 gr corn flakes

Cara membuat:
1. Oleskan loyang bulat bongkar pasang diameter 18cm dengan margarin dengan menggunakan tissue dapur.
2. Campur cokelat, golden syrup dan margarin lalu panaskan dengan api sedang. Aduk pelan-pelan sampai rata.
3. Masukkan corn flakes ke dalam campuran cokelat, aduk rata dengan perlahan sampai rata.
4. Masukkan ke dalam loyang, lalu dinginkan di dalam kulkas minimum selama 2 jam.
5. Keluarkan dari kulkas, potong menjadi 8 dengan menggunakan pisau.
6. Sajikan. 







Kalau mau liat step by step yang lengkap dengan fotonya bisa langsung lihat di sini ya.

No comments:

Post a Comment