Tuesday, March 5, 2013

Choco Truffle Cake for Tante Lanie

 
 
 
 

 
 
 
Sudah lama pengen banget bikin choco truffle cake-nya mba Ricke "Ordinary Kitchen". Kebetulan pas tante Lanie ulang tahun. Kesempatan untuk trial. Ternyata bener seperti yang disebut oleh mba Ricke, cakenya memang nyoklat banget. Sponge cake-nya juga lembut dan ga terlalu manis.
 
 
 
 
 
 
Bahan Chocolate Sponge Cake:
 
4 butir telur
60gr gula pasir halus
1sdt emulsifier
1/2 sdt vanila
 
55gr terigu all purpose flour/protein sedang (kemarin berhubung ga ada, aku pake protein rendah. Jadinya tetap enak dan lembut.)
15gr cokelat bubuk
10gr maizena
1sdm susu bubuk
 
50gr butter/margarine (aku butter dan minyak 1:1)
35gr dark cooking chocolate
lelehkan bersama
1sdt pasta cokelat (aku ga pake)
 
Cara membuat:
1. Panaskan oven 180C. Siapkan loyang diameter 20cm. Alasi bagian dasar dengan kertas roti. oles dengan mentega (aku pake carlo). Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu,cokelat bubuk, maizena dan susu bubuk.
3. Campur semua bahan kecuali campuran butter dan dcc.
4. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental berjejak.
5. Masukkan campuran butter, dcc dan pasta. Aduk balik hingga rata.
6. Panggang sampai matang sekitar 25 menit, tergantung oven masing-masing. (Kalo aku, adonan dibagi menjadi 2 loyang)
 
Bahan Chocolate Truffle Cream
 
250gr Dark Couverture Chocolate (Aku pake dcc),potong-potong
125ml dairy whipped cream suhu ruang (Aku pake vivo sesuai stok yang ada)
250ml non dairy whipped cream bubuk (Aku tetep pake vivo)
1sdt gelatin bubuk
2sdt air
 
Coffee syrup untuk membasahi cake (Aku pake simple syrup karena pengen pure cokelat aja).
Cokelat bubuk untuk dusting
 
Cara membuat:
1. Panaskan dairy whipped cream dengan api kecil, tidak perlu sampai mendidih. Masukkan dcc. Aduk rata hingga menyatu dan lembut. Sisihkan.
2. Kocok non dairy whipped cream setengah kaku, masukkan campuran cokelat. Aduk rata dengan gand whisk.
3. Campur gelatin dan air. Panaskan dengan cara ditim sambil diaduk-aduk hingga gelatin larut dan bening.Masukkan ke dalam truffle cream, aduk rata.
 
Penyelesaian:
1. Buang kulit bagian atas pada cake, ditrim sedikit permukaan atasnya. Belah dua cake. Siapkan loyang ring (loyang tanpa alas) diameter 18cm (aku tetap pake 20cm), lapisi bagian sisi dalamnya dengan mika.
2. Taruh selembar cake, basahi cake dengan coffee syrup, beri 1/2 bagian truffle cream. Ulangi dengan 1 lembar cake lagi.
3. Bekukan dalam freezer minimum 1 jam. Lepaskan ringnya. Dusting dengan cokelat bubuk.
 
 
 
 


No comments:

Post a Comment